Bangunan ilmu bertumpu pada tiga tiang penyangga, yakni ontologi, epistemologi, dan aksiologi.Tiga tiang penyangga itu akan mempermasalahkan apa, bagaimana, dan untuk apa hakikat suatu ilmu. Dalam tradisi keilmuan Barat, terkenal istilah science for science, tetapi dalam Islam, istilah tersebut tidak dikenal. Sebab, ilmu dalam Islam bertopang pada kesadaran dan keimanan kepada kekuasaan Allah. Islam menghendaki keterlibatan moralitas dan kemaslahatan umat dalam pengembangan ilmu dan pencarian kebenaran ilmu. Maka, sifat dari ilmu pengetahuan dalam Islam selain bersifat antroposentris, juga teosentris.
Filsafat pendidikan Islam merupakan kajian filosofis mengenai berbagai masalah pendidikan yang berlandaskan ajaran Islam. Kajian filosofis digunakan dalam filsafat pendidikan Islam artinya merupakan pemikiran secara mendalam, sistematik, radikal, dan universal dalam mencari kebenaran, inti, atau hakikat mengenai pendidikan Islam. Buku ini berupaya menguraikan landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi filsafat pendidikan Islam, yang diinterelasikan dengan pandangan dunia Islam tentang pendidikan. Uraian buku ini mencakup penjelasan tentang kedudukanTuhan, manusia, dan alam; uraian tentang komponen-komponen pokok pendidikan Islam; uraian pemikiran pendidikan para tokoh Islam.Detail Buku:
Judul: Filsafat Pendidikan Islam
Penulis: Dr. Toto Suharto, M.Ag.
Penerbit: Ar-Ruzz Media, 2014
ISBN: 978-602-313-018-4
Jumlah halaman: 323 halaman
Besar file: 1,85Mb
Baca-Download: Google Drive
0 Komentar