101 Kisah Tabi'in Penyusun Hepi Andi Bastoni

Mempelajari sejarah adalah semacam kewajiban dalam Islam. Sejarah apapun. Karena akal sehat kita dituntut untuk selalu melakukan i'tibar atau mengambil pelajaren ('ibrab) dari siapapun dan apapun yang pernah ada di dunia ini. Yang baik dijadikan teladan dan yang buruk dijadikan pelajaran. Ada satu hal lagi yang sulit untuk kita pungkiri. Yaitu bahwa meskipun kita harus menjadi diri sendiri, tetap saja kita membutuhkan model, sosok, prototipe atau apapun namanya- yang menjadi semacam panduan untuk menemukan diri kita sendiri kelak. Dan "panduan" itu tentulah harus bersumber dari model manusia terbaik yang pernah ada. Sebab bagaimana mungkin kita menjadi yang terbaik bila "panduan"nya tidak dari yang terbaik pula? Apalagi kalau kita menyadari bahwa "yang terbaik" itu adalah yang terbaik di dunia dan akhirat, maka tentu model panutan dan teladan yang kita ambil pun harus memberikan panduan untuk menjadi yang terbaik di dua kehidupan itu.

Sejarah Islam mewariskan begitu banyak teladan bercahaya pada peradaban manusia ini. Ada Muhammad Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang semakin dilecehkan di Timur maupun di Barat, semakin gemerlap kilau cahaya kemuliaannya. Ada sosok-sosok mulia seperti Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Mu'awiyah, Bilal dan Abu Dzar -semoga Allah meridhai mereka semua yang juga berlomba meneladani "Sang Guru" mereka, lalu menyisakan keteladanan terbaik dalam berlakon sebagai manusia.

Dan saat generasi ini usai, berdirilah sosok-sosok cahaya lainnya dalam baris sejarah kemanusiaan.. Merekalah para tabi'in; sekelompok manusia yang menyediakan jiwa-jiwa mereka untuk menjadi ladang persemaian warisan Muhammad Rasulllullah Shallallahu Al aihi wasallam.

Setelah sukses dengan 101 Sahabat Nabi, Hepi Andi Bastoni kembali untuk menghadirkan 101 Kisah Tabi'in ini untuk Anda. Dalam buku ini, penulis ingin mengajak Anda untuk bertamasya dan menikmati keteladanan generasi terbaik setelah para sahabat Nabi ini. Semoga Anda menikmati tamasya ini, dan selamat meneladani para tabi' in!

Detail Buku:

Judul: 101 Kisah Tabi'in
Penyusun: Hepi Andi Bastoni
Penerbit: Pustaka Al-Kautsar, 2006
ISBN: 979-592-354-4
Jumlah Hal: 774 Hal
Besar File: 36,7 Mb
Baca-Download: Google Drive