Ummul Mukminin Aisyah ra.adalah wanita mulia yang berparas cantik dan berkulit putih. Selain cantik, Aisyah juga dikenal sebagai wanita cerdas. Ia menguasai berbagai cabang ilmu, di antaranya ilmu fikih, kesehatan, dan syair Arab. Ada 1.210 hadis yang diriwayatkan darinya. Penulis buku ini menggambarkan tentang sosok Aisyah, kedudukannya di sisi Rasulullah Saw., keutamaannya, serta bagaimana para sahabat menjadikannya sebagai rujukan untuk mengetahui hadis-hadis Rasulullah Saw.

Buku ini adalah karya Sayyid Sulaiman an-Nadawi, seorang ulama terkemuka di Universitas Nadwatul Ulama sekaligus merupakan guru dari Syaikh Abul Hasan Ali al-Hasani an-Nadawi. Keistimewaan buku ini terletak pada studi akademis dan historis atas kehidupan Ummul Mu'minin, Aisyah r.a., sosok yang menjadi rujukan intelektual bagi para sahabat terkemuka. Sejarah mencatat bahwa para sahabat tersebut banyak belajar persoalan-persoalan agama dan hukum-hukum fiqih kepada Aisyah lantaran pengetahuannya yang sangat mendalam di bidang tersebut. 

Dengan demikian, Aisyah menjadi sumber yang sangat otoritatif dalam bidang ilmu pengetahuan, persoalan-persoalan agama, serta Al­Quran dan As-Sunnah. Di samping itu, ia juga dikenal sangat berhati­hati dalam persoalan-persoalan personal. Ialah yang mengetahui rahasia­rahasia pribadi Rasulullah Saw. serta meriwayatkan banyak hadits yang didengarnya dari beliau.

Di da1am bukunya ini, Sayyid Su1aiman an-Nadawi mengulas secara panjang lebar kehidupan Aisyah, posisi pentingnya di bidang hadits dan fiqih, pengetahuan agamanya, pandangan-pandangannya dalam persoalan hidup sehari-hari, keistimewaan dan karakter pribadinya, serta pengetahuannya yang mendalam tentang syariat Islam. Selain itu, buku ini juga mengisahkan kecerdasan Aisyah, rasa cintanya yang tulus dan mendalam kepada Sunnah Rasulullah Saw., serta hasratnya yang sangat kuat untuk mengikuti dan menerapkan Sunnah tersebut dalam kehidupan umat Islam di segala bidang, pribadi maupun sosial. 

Banyak literatur lain tentang kehidupan Aisyah yang cukup obyektif dan akademis. Setiap penulis memiliki metode dan cara penyampaiannya sendiri-sendirl. Tetapi, dalam banyak hal buku ini memiliki kelebihan dibandingkan buku-buku lain tentang tema yang sama, baik yang telah ditulis di masa lalu maupun yang akan ditulis di masa mendatang.

Detail Buku:

Judul: Aisyah Kekasih yang Terindah
Penyusun: Sulaiman an-Nadawi
Penerjemah: Ghozi Mubarok
Penerbit: Republika, 2017
ISBN: 978-602-0822-77-8
Jumlah Hal: 460 Hal
Besar File: 8,08Mb
Baca-Download: Google Drive