Sebagian orang masa kini, dengan mudah mengeluarkan berbagai fatwa di bidang agama, mengharamkan dan mewajibkan, membid'ah-kan dan mem-fasiq-kan, bahkan ada kalanya mengkafirkan orang lain, dengan berdalilkan beberapa hadis yang seandainya dapat diterima kesahihan sumbernya, namun masih belum dipastikan dalalah (petunjuk yang disimpulkan dari)-nya secara tepat dan tidak menimbulkan keraguan dan kekacauan.

Di ujung lainnya beberapa aliran atau kelompok Muslim, telah bersikap berlebihan dengan menolak sejumlah hadis yang disahih-kan oleh para pakar hadis, semata-mata karena kandungannya menurut mereka tidak dapat diterima akal mereka dan tidak sesuai dengan kemajuan zaman.

Buku ini menjelaskan tentang "bagaimana berinteraksi dengan hadis Nabi saw." dan tentang berbagai karakteristik serta ketentuan umum yang sangat esensial guna memahami As-Sunnah secara proporsional; tidak hanya berhenti pada susunan lahiriahnya saja, seraya melupakan jiwa dan semangat yang menjadi tujuannya, tetapi juga tidak mengabaikannya sama sekali, semata-mata karena dianggap tidak sesuai dengan kepentingan kelompok atau pribadi, ataupun dengan perkembangan 
masa kini.

Semua itu, dan banyak aspek hadis lainnya, yang sebenarnya cukup sulit dan rumit, disajikan dalam buku ini dengan gaya bahasa yang lancar dan sederhana. Juga diperjelas dengan contoh-contoh hadis yang cukup banyak, terutama yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa sehari-hari. Sedemikian sehingga menjadikannya mudah dipahami, bukan saja oleh mereka yang mengerti tentang ilmu-ilmu hadis, tetapi bahkan oleh mereka yang tidak pernah mempelajarinya sekalipun.

Penulisnya, Dr. Yusuf Qardhawi, diakui secara meluas sebagai seorang ahli fiqih terkemuka masa kini, di samping sebagai seorang juru dakwah bertaraf internasional dan penulis yang amat produktif (sampai sekarang telah menulis lebih dari 40 buku tentang beraneka ragam tema keislaman kontemporer, yang selalu memperoleh sambutan hangat dari para pembacanya)

Detail Buku:

Judul:Bagaimana Memahami Hadits Nabi SAW
Penulis: Dr. Yusuf Qardhawi
Penerjemah: Muhammad al-Baqir
Penerbit: Karisma, 1993
ISBN: -
Jenis File: PDF
Jumlah Hal: 206 Hal
Besar File: 10,4 Mb
Baca-Download: Google Drive