Mengembalikan kemakmuran islam dengan dinar dan dirham Penyusun: M. Iqbal

Uang sebagai alat tukar telah dikenal orang dan berkembang selama ribuan tahun. Sementara di dunia baratrezimuang silih berganti dan penuh cerita kegagalan; Islam memiliki konsep yang sangat baku tentang uang dan segala bentuk transaksi yang melibatkan uang. Bukan hanya sebatas teori tetapi blue print kuangan Islam memang pernah diwujudkan dalam bentuk nyata di awal-awal Kekhalifahan Islam dan terbukti hasilnya berupa kemakmuran bagi seluruh rakyat.

Umat Islam justru terperosok kedalam keterpurukan ekonomi diberbagai negara di zaman modern ini karena kita tidak berpegang pada sistem ekonomi dan moneter yang menjadi tuntunan agamayang mulia ini. Buku ini menggambarkan dengan jelas kerusakan-kerusakan yang timbul dari sistem moneter yang dianut di dunia saat ini, dan sekaligus memberi solusi bagaimana menurut Islam masalah keuangan ini seharusnya ditangani.

Melengkapi kajian-kajian fiqih yang terkait dengan kedudukan uang dalam hukum Islam, buku ini juga didukung dengan berbagai statistik antara lain mulai dari statistik harga emas selama lebih dari seratus tahun, harga minyak selama enam puluh tahun, dan index harga bahan pokok di Kekhalifahan Usmaniah selama satu setengah abad dibandingkan dengan index harga di dunia barat pada periode yang sama.

Disadari bahwa Dinar dan Dirham yang menjadi tema sentral buku ini tidak dapat berdiri sendiri dalam mengembalikan kemakmuran Islam, oleh karenanya disinggung pula dalam buku ini roda-roda penggerak kemakmuran Islam lainnya yaitu sistem investasi yang bebas riba, pasar yang dikelola secara Islami dan pelembagaan dan profesionalisasi pengelolaan zakat dan wakaf. 

Dengan bahasan yang luas namun singkat, diharapkan buku ini dapat menjadi bekal pengetahuan yang baik sekaligus menambah wawasan bagi para Da'i untuk menda'wah-kan solusi Islam, sekaligus juga menjadi pencerahan bagi para pelaku bisnis agar mereka dapat berhijrah dari sistem ekonomi Ribawi yang sudah terbukti kegagalannya dan kembali ke solusi Islam yang memang sudah dijanjikan bahwa kita tidak akan tersesat selama kita berpegang pada Al-Qur'an dan al-
Hadits.

Detail Buku:

Judul: Mengembalikan kemakmuran islam dengan dinar dan dirham
Penyusun: M. Iqbal
Penerbit: Spriritual Learning Centre, 2007
ISBN: 979-15360-1-5
Jumlah Halaman: 229 Hal
Besar File: 12,4 Mb
Baca-Download: Google Driver