Rahmi Meldayati

Krisis lingkungan merupakan masalah fundamental dari krisis spiritual dan agama. Manusia modern sering kali memposisikan alam sebagai objek yang tidak memiliki dimensi sakral yang terputus dari Tuhan, karena itu ia dapat diekspoloitasi tanpa mempertimbangkan konsekuesi dari kelestariannya. Inilah yang menjadi awal mula kerusakan lingkungan.

Kesimpulan Buku ini adalah bahwa spiritualitas pada perilaku manusia terhadap alam/lingkungan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan hidup manusia beserta alam lingkungnannya. Maka semakin banyak melibatkan aspek spritualitas seperti, ramah pada lingkungan, menjadikan alam sebagai sahabat dan meyakini bahwa alam adalah wujud Tajalli Tuhan dan masih banyak hal positif lainnya, maka akan semakin lestarilah alam dan lingkungan serta akan berdampak pada sikap dan kepribadiaan manusia, begitupun sebaliknya, alam pun akan dan bersahabat dengan manusia. 

Menelaah lingkungan dalam perspektif Psikologi Islam yang bersumber dari pemikiran seorang sufi besar Ibn A'rabi>, pada taraf akhir akan menjawab dan bertujuan untuk memahami diri manusia seutuhnya yang nanti akan berdampak pada kearifan hidup. karena menjaga lingkungan dan alam semesta ini adalah konsekuensi dari kepercayaan Tuhan kepada manusia yang telah dia angkat menjadi khalifah di muka bumi. Penelitian ini menggugunakan pendekatan hermenetika, mencari makna eksistensial mengenai makna dan kebenaran hidup dalam dunia dan bukan sekedar mencari rasional tentang manusia, lingkungan dan hidupnya. 

Detail Buku:

Judul: Psiko-Ekologi Perspektif Ibnu Arabi
Penyusun: Rahmi Meldayati
Penerbit: Young Progressive Muslim, 2016
ISBN: 978-602-7775-36-7
Jenis File: PDF
Jumlah Hal: 159 Hal
Besar File: 1,84 Mb
Baca-Download: Google Drive