Belakangan ini kajian tasawuf atau atau tema-tema spiritualitas makin digandrungi masyarakat Indonesia. Ini satu fenomena yang menggembirakan. Meski perlu diluruskan agar tidak terjebak pada fatalisme yang tak senapas dengan ajaran Islam. 

Dengan niat memperkaya wacana spiritualitas dan kajian tasawuf, kami memberanikan diri untuk menerbitkan salah satu buku yang terkait dengan tema tersebut, yakni masalah isti"adzah (memohon perlindungan Tuhan). Konsep ini, sepengetahuan kami, secara relatif belum banyak dibahas. Padahal, konsep ini tak kalah pentingnya dengan konsep basmalah yang sudah sering dibahas dengan berbagai perspektif oleh para ulama terkemuka. Bahkan, apabila pembaca perhatikan alif-ba-ta-nya isti'adzah, pembaca bisa menyimpulkan bahwa konsep ini seyogianya dipahami terlebih dulu agar ia bisa mengamalkan kandungan dari basmalah secara sebenarya. 

Semula, buku ini merupakan kumpulan ceramah Ayatullah Sayyid Abdul Husain Dasteghib di bulan Ramadhan, Tetapi, kandungan dari buku ini sendiri tidak terikat dengan waktu mengingat bahasannya melampaui aspek waktu. Maksud kami, buku ini bisa dibaca kapanpun ketika pembaca merasa perlu untuk memahami konsep isti'adzah. 

Sejumlah ilustrasi yang tersaji dalam buku ini mempertegas aroma clan semerbak irfan yang merupakan  wilayah kepakaran penulis. Kesederhanaan gaya bahasanya tak mengurangi kandungan spiritualitasnya, Kepraktisan buku ini, karena kebersahajaan bahasanya, insya Allah, tak merendahkan ketinggian mutu kajiannya.

Detail Buku:

Judul: Istiadzah - Kiat-kiat menghindari godaan Setan
Penyusun: Abdul Husain Dasteghib
Penerjemah: Muhammad Najib, Muhammad Ilyas
Penerbit: Al-Huda, 2002
ISBN: xxxx
Jumlah Hal: 271 Page
Besar File: 11,1 Mb
Download: Google Drive