Jagad Diri Penyusun M. Taqi Misbah Yazdi

Tazkfyat an-nafs (penyucian jiwa) merupakan dambaan yang dicita-citakan oleh setiap pribadi yang hatinya telah diterangi oleh cahaya makrifat dan iman. Setiap orang yang telah memahami urgensi tazkiyat an-nafs serta meyakini bahwa keberhasilan dan kesuksesan yang sesungguhnya tak akan mudah untuk diraih melainkan dengan penyucian jiwa, pasti akan mengerahkan semua daya dan upaya untuk meraihnya. Akan tetapi, manusia tidak bisa menyadari
realitas ini karena hati mereka sudah dilalaikan oleh segala urusan duniawi. Dan, kalaupun seseorang telah tersadarkan, masih ada pula hal-hal yang dapat menghalangi si muntabih (seorang yang telah tersadarkan) untuk menggerakkan iradah (kemauan)-nya, dan memalingkan si murid (orang yang berkemauan dan bertekad untuk melakukan tazkiyat an-nafs) untuk bersegera memulai perjalanan ruhani (suluk), bahkan lebih dari itu masih ada juga perkara-perkara yang dapat merintangi si salik (orang yang sedang melakukan perjalanan ruhani, pesuluk) untuk lebih fokus pada dan meresapi perjalanan spiritual yang dilakukannya. Akhimya untuk mencapai target tertinggi dan tujuan puncak yang diharapkan sulit terealisasikan. 

Pengenalan diri terhadap Faktor-faktor yang menggerakkannya, hal-hal yang terkait dengannya, berikut faktor­faktor yang dapat mengobarkan kerinduan dalam diri disamping hal-hal yang mampu memunculkan kemauan kuat di dalam dirinya adalah serangkaian pengetahuan yang sangat signifikan dalam menentukan sejauh mana seseorang mampu menata dan mengasah dirinya, dan melenyapkan hambatan-harnbatan yang merintangi perjalanan untuk mengenali dirinya sekaligus menjadi faktor kesuksesan orang yang bersangkutan untuk melakukan rekonstruksi atas dirinya. 

Dalam beberapa kesempatan Profesor Muhammad Taqi Misbah Yazdi sering menyampaikan ceramah berkaitan dengan tema ini. Hasil ceramah-ceramahnya itu kemudian dikumpulkan sehingga menjadi sebuah buku yang dalam bahasa Persia beliau beri judul Khud Syasi baraye Khud Syenasi. Buku ini cukup laris dan mengalami cetak ulang berkali-kali, Buku yang mendapat sambutan hangat dan penghargaan luar biasa dari para pembacanya ini adalah indikasi kecemerlangan penulisnya dalam menuangkan ide­ide dan gagasan-gagasan briliannya. Buku ini juga cukup memengaruhi para pembacanya dan memberikan dampak positif pada diri-diri mereka. 

Detail Buku:

Judul: Jagad Diri
Penyusun: M. Taqi Misbah Yazdi
Penerjemah: Ali Ampenan
Penerbit: Al-Huda, 2006
ISBN: 979-3515-62-7
Jumlah Hal: 196 Page
Besar File: 6,60 Mb
Download: Google Drive