Membuka Gerbang Kehidupan Penyusun Abbas Al-Mudarrisi

Para penganut pandangan dunia, ideologi, atau agama apapun pasti mengharapkan kenikmatan dan kebahagiaan. Kaum materialis, yang tak meyakini adanya sesuatu selain yang dapat mereka lihat dan rasakan, mengejar kenikmatan yang hanya ada didunia ini. Sementara bagi yang meyakini kehidupan lain setelah kehidupan fana ini, akan mengejar kenikmatan bukan di sini, tetapi di akhirat nanti. Di wilayah "abu-abu" ( orang­orang yang melihat kemungkinan adanya kehidupan akhirat, barangkali ada), berharap memperoleh keduanya. Sebuah harapan akan kenikmatan yang lebih panjang! 

Kontradiksi antara kehidupan duniawi dengan kehidupan ukhrawi memang menjadi pusat perhatian (utama) seseorang yang melihat(meyakini) adanya kehidupan akhirat. Bagi yang sama sekali tak meyakininya, ambivalensi (kemenduaan) itu tidak mereka alami. 

Sebenarnya, kontradiksi dalam memandang keduanya muncul dikarenakan kesalahan dalam melihat makna dari kenikmatan dan kebahagiaan itu. Ditambah lagi, kurangnya pemahaman yang benar akan makna kehidupan, baik di dunia maupun akhirat. Akibatnya, muncullah kemudian kesimpulan­kesimpulan absurd (ngaco) dan menggelikan, semisal: orang yang bahagia di dunia akan menderita di akhirat, atau, orang yang menderita di dunia akan bahagia di akhirat, atau, agar bahagia dunia dan akhirat, maka kejarlah kedua-duanya. Kesimpulan yang terakhir ini (agar mengejar kedua-duanya) juga tergolong konyol ! Uw? Kesimpulan ini muncul dari tidak adanya pemahaman yang benar akan prinsip eskatologis (keakhiratan) dalam Islam. 

Lalu, bagaimanakah yang benar? Mendahulukan dunia ataukah akhirat? Atau kedua­duanya? Dengan gaya pembahasan yang memukau, buku ini akan membawa Anda pada kesimpulan yang tepat dalam memandang kehidupan ini. Tanpa terkesan menggurui, penulis membukakan wawasan-wawasan baru yang dapat Anda manfaatkan dalam mengarungi bahtera kehidupan ini, dengan segenap pahit getirnya. Ya, sebuah buku yang berbeda dan layak menjadi alternatif dari buku-buku sejenis yang sudah ada.

Detail Buku:

Judul: Membuka Gerbang Kehidupan
Penyusun: Abbas Al-Mudarrisi
Penerjemah: Jawad Muammar
Penerbit: Cahaya, 2002
ISBN: 979-3259-01-9
Jumlah Hal: 133 Page
Besar File: 3,43 Mb
Download: Google Drive